Selasa, 03 Agustus 2010

Agama dan Kekerasan (dalam transisi demokrasi di Indonesia)

RESENSI

Judul buku : Agama dan Kekerasan (dalam transisi demokrasi di Indonesia)
Penulis : Haqqul Yaqin
Editor : A. Rofiq Adnan
Layout : Yovie Aufa Firdaus
Penerbit : eLSAQ Press
Cetakan I : Agustus 2009
Tebal : vii+198 Halaman

Kelebihan buku ini diantaranya yaitu membahas banyak tentang ajaran kebaikan, ramah, dan sikap baik dari berbagai agama, baik itu tingkah laku baik dari kalangan muslim ataupun dari non muslim. Namun yang lebih tercermin sikap keras / kekerasan yang terdapat dalam agama itu sendiri.
Kekurangan dalam buku ini terlalu banyak bahasa ilmiah, sehingga bagi pembaca yang masih minim dalam pembendaharaan kata-kata ilmiah sulit untuk memahami isi yang terkandung dalam bacaan.
Buku Agama dan Kekerasan ini adalah sebuah karya dari seorang penulis yang bernama Haqqul Yaqin yang lahir Sumenep Madura. Haqqul Yaqin adalah lulusan dari Fakultas Adab IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, yang sekarang menjadi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, jurusan Bahasa dan Sastra Arab.
Pengalaman organisasi beliau adalah menjadi ketua himpunan mahasiswa jurusan Bahasa Dan Sastra Arab (HMJ BSA) Fak. Adab IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (1994-1996). Anggota badan perwakilan mahasiswa fakultas (BPMF), Fak. Adab IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (1994-1996). Anggota senat mahasiswa institut (SMI), IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (1994-1996). Koord. Kaderasi PMII Rayon Fak. Adab IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (1995-1996). Koord. Balitbang PMII Komisariat IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (1996-1997). Koord. Balitbang PMII Cabang DI. Yogyakarta (1997-1998).
Pengalaman kerjanya diantaranya adalah Sebagai dosen Fak. Ushuluddin IAIN Sunan Ampel Surabaya, DPK pada Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Zainul Hasan Genggong Kraksaan Probolinggo. Staf pengajar pada Institut Agama Islam Nurul Jadid Paiton Probolinggo.
Beberapa karya tulis dan penelitiannya antara lain : Pengantar Metodologi Penelitian Dasar, DESANTARA dan Elkaf, Surabaya, Okt 2007. Analisis Ideologi (trans), IRCiSoD, Yogyakarta, juli 2003. Mengenal syahrur dan corak pemikirannya, mazhabuna, BEMJ Fak. Syariah, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2003. Teori – Teori Dasar Pemikiran Modern Dalam Islam, Komunitas, IAI Nurul Jadid, April 2005. Membangun gerakan kuktural, aspiratif, BEM STAI Zainul Hasan, Agustus 2006. Harga Diri Bangsa, aspiratif, BEM STAI Zainul Hasan, Juli 2007. Antar akomodasi dan resistensi, aspiratif, BEM STAI Zainul Hasan, Juli 2008.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar